• Mesin Antrian Mandiri

    alur-utk-blog


    Mesin Antrian Pasien Mandiri atau biasa disebut dengan APM, merupakan sebuah mesin dan jaringan yang membantu pelayanan pasien memperoleh nomor antrian secara mandiri dan memudahkan petugas dalam mendaftar pasien. Mesin Antrian Pasien Mandiri (APM) dikembangkan dengan melihat dan mempertimbangkan kondisi-kondisi yang secara umum banyak dijumpai di loket pendaftaran dan pelayanan puskesmas. Mesin APM, secara umum mempunyai tujuan pengembangan yang jelas, antara lain :

    1. Terbangunnya suatu mesin dan jaringan yang membantu pelayanan pendaftaran pasien.
    2. Membantu pasien dalam mendapatkan proses antrian pasien secara tertib dan teratur.
    3. Membantu petugas pendaftaran lebih mudah dalam pendaftaran pasien.
    4. Terbangunnya sistem antrian pasien yang nyaman.
    5. Dapat menjadi media dan fasilitas promosi kesehatan untuk media pembelajaran kepada pasien melalui layar televisi secara terintegrasi.

    Bagi puskesmas, sistem antrian yang lebih tertib dan teratur memberikan hasil yang positif, antara lain :

    1. Image yang lebih baik kepada institusi pelayanan kesehatan
    2. Efisiensi petugas dalam melayani pendaftaran pasien

    Fitur-fitur Mesin Antrian Pasien Mandiri

    Mesin Antrian Pasien Mandiri dikembangkan dalam beberapa pilihan model, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan puskesmas. Versi yang disediakan antara lain :

    1. Versi Basic
    2. Versi Menengah
    3. Versi Lengkap

    Spesifikasi Komputer Mesin APM

    1. Input Antrian : LCD Touchscreen 17 inch
    2. Komputer : NUC PC/Mini PC dengan Intel Procesore
    minimal Celeron/Dual Core,
    RAM 2 GB,
    SSD 128 GB.
    3. Printer : Printer Thermal autocutter 5 mm
    4. TV : TV LED minimal 40 inch
    5. Jaringan Komputer : Kabel atau Wifi
    6. Jaringan Multimedia : kabel HDMI
    7. Speaker : 2 unit speaker
    8. UPS : 650 VA
    9. Box Antran : Sesuai desain pilihan dengan bahan bervariasi
    Multiplex, Fiber, Jati, ataupun Alumunium
    / Galvanis

    danu-editpicture1

  • Simpus Desktop

  • Simpus Web Based

    simpus_web

    Simpus multi user (web based) merupakan perkembangan dari versi single user (desktop) dengan kata lain aplikasi ini mampu dijalankan oleh lebih dari satu user secara bersamaan dan saling terkait dengan pelayanan lain di Puskesmas sehingga output dari bagian yang satu menjadi input dibagian lain. Dengan menggunakan simpus multi user ini mampu dilakukan pencatatan tanpa kertas (paperless) .

    Spesifikasi teknis:

    • Platform Open Source
    • OS  (Linux/Windows)
    • Pemrograman PHP untuk interface
    • Database MySQL

    Modul Simpus Multiuser:

    • Pendaftaran (Loket)
    • Pelayanan (Umum, Gigi, KIA, dll)
    • Laboratorium
    • Kasir
    • Obat
    • Pelaporan (Kunjungan, LB1, Penyakit Menular, dll)
    • Grafik
    • Pemetaan
    grafik

    Tampilan Grafik Kunjungan

    peta

    Tampilan Peta

  • Simpus Giz-Kia

             Simpus Giz-kia

    interface-giz-kia

     

    Simpus Gizi KIA adalah salah satu modul aplikasi yang ditujukan untuk  yang membantu mengelola data-data ibu hamil dan bayi/balita sehingga didapatkan data yang valid dan akurat. Aplikasi Simpus Gizi KIA ini

    Simpus Gizi KIA adalah salah satu modul aplikasi yang ditujukan untuk  yang membantu mengelola data-data ibu hamil dan bayi/balita sehingga didapatkan data yang valid dan akurat. Aplikasi Simpus Gizi KIA ini dirancang supaya mudah digunakan oleh bidan-bidan puskesmas, kemudian ke depan bisa memenuhi semua format-format pelaporan yang dibutuhkan oleh dinas kesehatan.

     

    Tujuan Pengembangan Simpus Giz KIA

    • akurasi data-data ibu dan anak untuk setiap puskesmas sampai level posyandu
    • adanya koordinasi antar bidan puskesmas dan antar puskesmas sehingga data bisa tertangani dengan baik
    • membantu bidan dalam mengelola data KIA yang ada
    • membantu puskesmas dalam manajemen informasi KIA
    • membantu dinas kesehatan untuk membuat profil kesehatan ibu dan anak

     

    Variabel-variabel Simpus KIA 

    • Ibu Hamil
      • Pendataan ibu hamil
      • Data pemeriksaan ibu hamil
      • Rekapitulasi data dan pemeriksaan ibu hamil
      • Manajemen dan pendataan ibu hamil resiko tinggi
      • Pemetaan ibu hamil
    • Ibu Melahirkan
      • Data Ibu Melahirkan
      • Data kunjungan nifas pada ibu melahirkan
    • Bayi Balita
      • Pendataan bayi
      • Data pemeriksaan bayi
      • Data Imunisasi
      • Data penimbangan bayi balita di posyandu
      • Data Penghitungan status gizi hasil penimbangan
      • Data Pelayanan Kesehatan Bayi Balita
      • Data Deteksi Dini Tumbuh Kembang
  • Simpus Ranap

    Simpus ranap

  • Sim-Klinik Web Based

    Sistem informasi manajemen Klinik

  • Sim-Klinik Desktop

    Sistem Informasi Manajemen Klinik

    untitled

     

    Simklinik (Sistem Informasi Manajemen Klinik) merupakan aplikasi berbasis desktop yang akan mempermudah sebuah klinik dalam menjalankan kegiatan operasionalnya sehingga diperoleh data-data yang valid dan laporan yang akurat.

    Simklinik multiuser dapat dioperasikan secara terpisah sesuai dengan bagian masing-masing. Pembagiannya meliputi Pendaftaran, Pelayanan, Kasir, Apotik dan juga Laborat jika diperlukan. Setiap bagian dapat diakses oleh user yang sesuai dengan tugasnya. Selain itu aplikasi Simklinik juga bisa dioperasikan secara Single User, yaitu dengan kata lain cukup dengan satu operator saja untuk menjalankan aplikasi.

     

    Tujuan dari sistem informasi klinik ini adalah sebagai berikut

    1. Merubah sistem informasi yang bersifat manual menjadi sebuah sistem yang berbasis computer
    2. Mempermudah petugas dalam melakukan pendataan pasien

    Fitur

    • Client-Server
    • Singleuser dan Multiuser
    • Mudah dan Praktis
    • Bridging BPJS
  • Simkes

    Sistem informasi kesehatan, merupakan bank data untuk menampung data dari simpus yang ada di dinas