Pemaparan dan Pelatihan Simpus Gizkia di Puskesmas Wirosari 1

Grobogan – Kamis (20/12) Selesai solat Subuh tim Simpus berangkat dari Klaten menuju ke Kabupaten Grobogan, tepatnya di Puskesmas Wirosari 1. Kedatangan kami kali ini adalah untuk pengenalan, pemaparan, sekaligus pelatihan aplikasi simpus Gizkia.

Setelah menempuh sekitar lima jam perjalanan, ahirnya kami sampai. Kedatangan kami disambut dengan baik oleh pihak Puskesmas. Keadaan lesu badan setelah menempuh perjalanan yang melelahkan hilang ketika petugas puskesmas terutama bidan-bidan anstusias dengan pemaparan aplikasi.

Dalam pemaparan tersebut kami jelaskan fungsi dan manfaat dari penggunaan aplikasi gizkia, diantaranya: kemudahan dalam pencarian data, manajemen data bumil dan balita, serta semua rekap data bumil dan balita yang sangat dibutuhkan baik oleh puskesmas maupun bidan sendiri.

Tak terasa pemaparan dan pelatihan berjalan selama kurang lebih empat jam. Setelah ini para bidan akan memulai menggunakan aplikasi gizkia sebagai aplikasi utama yang mendukung pendataan ibu dan balita di wilayahnya.

Puskesmas wirosari menyusul puskesmas di kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Solo, Klaten, dan beberapa puskesmas di wilayah lain yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi Gizkia. Semoga dengan semakin banyaknya penggunaan aplikasi tersebut, data-data ibu hamil dan balita dapat terekam, yang selanjutnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan perakapan.