Upgrade SIMPUS GIZI-KIA Kemusu I Boyolali: Makin Lengkap dengan Fitur Stunting dan Lapor Android

Boyolali – Senin, 3 Desember 2018 aula Puskesmas Kemusu I terlihat lebih ramai daripada hari yang lain. Pasalnya, kegiatan upgrade aplikasi Sistem Informasi Majemen Puskesmas Gizi – Kesehatan Ibu dan Anak (SIMPUS GIZI-KIA) sedang dilangsungkan di puskesmas yang berlokasi di timur laut Kota Boyolali tersebut. Nampak hadir 8 bidan desa dari seluruh desa yang berada di area kerja Puskesmas Kemusu I.

Triyono (27) dari Tim SIMPUS JOJOK selaku narasumber menerangkan bahwa kegiatan upgrade ini perlu dilakukan agar fitur-fitur tebaru dari Gizkia bisa diakses oleh semua bidan. “Tambahan fitur baru dari Upgrade SIMPUS GIZI-KIA ini meliputi penambahan nomor Kartu Keluarga (KK) pada pemeriksaan ibu hamil (Bumil) dan Balita, Stunting pada pemeriksaan bayi balita, automatisasi penghitungan status gizi dan keterangan pada pelayanan penimbangan balita, hingga fitur terbaru SMS Lapor Satiti dan Lapor android”, terang pria kelahiran bulan Oktober tersebut.

Fadil (24) dari tim yang sama juga menambahkan bahwa kegiatan upgrade SIMPUS GIZI-KIA ini merupakan langkah adaptif terkait program Sahabat Ibu Sehati (Satiti) yang di canangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali sejak Juni lalu. “Satiti adalah program integrasi kesatuan teknologi informasi dalam rangka penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang berada di Boyolali. Jadi, selain penambahan fitur untuk memudahkan bidan dalam mendapat data yang akurat di aplikasi SIMPUS GIZI-KIA, kegiatan hari ini juga kita isi dengan sosialisasi menggunakan aplikasi Satiti berbasis android dan juga SMS bunda”, tambah pria asal Cilacap tersebut.

Lalu, bagaimana komentar bidan selaku peserta dalam kegiatan tersebut?

“SIMPUS JOJOK sangat membantu tugas bidan. Walaupun pada awalnya agak kesulitan, tapi seiring berjalannya waktu semakin memudahkan pencatatan dan pelaporan”, ungkap ibu  Sri Purwanti bidan desa Kendel.

“Tutornya sabaaar menghadapi bidan-bidannya yang sudah manula mas, gitu pokoke, sip dilanjut nggih sukses dan jaya selalu buat Tim SIMPUS JOJOK” ,lanjut ibu Nita bidan Desa Kedungrejo.

“Dari segi waktu tim SIMPUS JOJOK ontime”, serempak jawab Ibu Novi bidan Desa Bawu dan ibu Lita bidan Desa Klewor.

“Cara menyampaikan sangat jelas, masnya sabar-sabar mampu menghadapi ibu-ibu bidan yang sudah lansia-lansia”, tambah Ibu Ning yang diamini oleh dua rekannya yakni Ibu Dewi bidan puskesmas dan Ibu Retno bidan Desa Watugede.

“Harapan SIMPUS kedepan, mungkin bisa dikembangkan untuk pencatatan akseptor Keluarga Berencana (KB), maupun data lansia”, tutup ibu Sri Suharmi bidan Desa Sarimulyo.

Kegiatan Upgrade SIMPUS GIZI-KIA sendiri telah dijadwalkan sejak 22 November  hingga 7 Desember 2018  untuk semua puskesmas di Kabupaten Boyolali. Kegiatan di Puskesmas Kemusu I adalah agenda upgrade SIMPUS GIZI-KIA  ke 19 dari 26 Puskesmas yang sudah menjalankan aplikasi  pendamping bidan user friendly di Kota Susu tersebut.