Launching SATITI di Boyolali

Acara launching aplikasi Sahabat Ibu Sehati atau disebut SATITI berlangsung dengan khidmat dan meriah. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, 25 Juni 2018 tersebut dihadiri oleh 1.500 undangan termasuk Bupati Boyolali, DPRD, dan Dinas Kesehatan Provinsi. Kegiatan dilangsungkan di gedung Mahesa Boyolali.
Dinas Kesehatan Boyolali sebagai pihak penyelenggara mengharapkan dengan adanya aplikasi SATITI, Jumlah ibu hamil/melahirkan yang meninggal dapat di minimalisir. Sebagai catatan, dilansir dari Bupati Boyolali dalam sambutannya bahwa sepanjang tahun 2018 tercatat ada 13 kematian ibu hamil/melahirkan.
Dinas Kesehatan Boyolali secara tegas mengharap dan meminta partisipasi semua stakeholder terkait untuk ikut andil dalam pelaporan ibu hamil. Partisipasi yang dimaksud adalah melaporkan temuan ibu hamil di wilayahnya masing-masing.

Aplikasi SATITI berjalan di sistem operasi android yang sudah banyak terdapat di perangkat telepon genggam/HP. Sehingga dapat digunakan oleh semua Stakeholder baik dari pusat sampai ke desa, Rumah sakit, Klinik bahkan ketua RT.
Melalui aplikasi SATITI, Masyarakat dan Stakeholder dapat melaporkan temuan ibu hamil yang selanjutnya data temuan ibu hamil tersebut akan diverifikasi oleh bidan untuk kemudian bidan menindak lanjutinya.
Hanya dengan memasukkan alamat ibu hamil ketika melaporkan di SATITI, Bidan dapat menelusuri lokasi tersebut melalui layanan penelusuran di aplikasi. Hasilnya, ibu hamil dapat segera didata dan ditangani dengan tepat. Sehingga kematian ibu hamil/melahirkan dapat dicegah.

Berikut beberapa dokumentasi yang diabadikan dalam jepretan kamera:

luncing-satiti-2

satiti-t

Video detik-detik launching SATITI oleh Bupati Boyolali, DPRD Boyolali, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan Dinas Kesehatan Boyolali