APLIKASI SATITI MEMUDAHKAN BIDAN DALAM PENDATAAN BUMIL VIA ONLINE BERBASIS ANDROID

1

Tentang Aplikasi :

Aplikasi SATITI berasal dari kata “SAHABAT IBU SEHATI” dengan semboyannya yaitu “SEHATI” yaitu (SEHat, selamAT, dan bahagIa). Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para bidan dalam melakukan pendataan ibu hamil (bumil) khususnya melalui Android secara online. Namun disini siapapun dapat menggunakan aplikasi satiti baik masyarakat, Ketua RT, Ketua RW maupun stakeholder lainnnya. Bagi ibu hamil dapat mendaftarkan sendiri melalui aplikasi Satiti. Atau biasanya Stakeholder seperti Ketua RT, Ketua RW, Kepala Desa, dan lain-lain mendata ibu hamil sebagai pelapor data ibu hamil. Data ibu hamil yang telah terdaftar pada aplikasi Satiti maka akan diverifikasi oleh bidan-bidan yang bersangkutan. Dari data bumil yang telah diverifikasi tersebut maka data akan dimasukkan dalam GIZKIA.

Aplikasi SATITI dirancang khusus untuk sebuah Aplikasi Android sehingga tidak berbasiskan dekstop yang dapat dijalankan melalui komputer, melainkan aplikasi SATITI dijalankan dengan handphone. Dengan itu, Aplikasi Satiti sendiri sangat memudahkan bagi bidan dalam pekerjaanya tanpa harus membawa laptop. Hanya dengan Handphone/tablet pendataan dan verivikasi data bumil lebih efektif.

Cara mendownload Aplikasi Satiti di handphone Anda sangat mudah,
yang pertama, Anda membuka terlebih dahulu aplikasi Play Store pada mobile Anda, kemudian ketikan nama Satiti pada pencarian.
Yang kedua, install Aplikasi Satiti dengan cara klik “Install”.
Kemudian ikuti langkah-langkah install hingga selesai.

Menu aplikasi didalamnya terdiri dari :
-Daftar
Digunakan untuk mendaftarkan data ibu hamil.
-Menambah Data Ibu Hamil
Digunakan untuk menambah data ibu hamil.
-Melihat Data Ibu Hamil
Digunakan untuk Melihat data-data ibu hamil yang telah masuk.
-Melihat Data Ibu Hamil Terverivikasi.
Digunakan untuk melihat data-data ibu hamil yang sudah terverivikasi.
-Tentang Aplikasi
Digunakan untuk mengetahui rincian, informasi, maupun penjelasan dari aplikasi Satiti.

Sementara ini, kabupaten Boyolali telah menggunakan Aplikasi Satiti dengan hotelinenya sendiri.