Evaluasi Bridging P-Care Dengan J-Care di Indoluxe Hotel Yogyakarta

evaluasi_bridging

Beberapa hari yang lalu, Kamis 11 Februari 2016, BPJS Regional 6, bertempat di Hotel Indoluxe Yogyakarta, mengundang beberapa pihak untuk melakukan evaluasi pelaksanaan bridging antara PCare dengan Simpus yang sudah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2015. Pertemuan ini memang sangat diperlukan untuk mem-bridging-kan permasalahan yang muncul di antara dua sisi sistem. Apalagi proses bridging antara puskesmas dan sistem BPJS memang baru teraplikasikan pertama kali.

rapat_evaluasi

Rapat evaluasi bridging PCare dengan JCare

Pihak yang diundang adalah beberapa puskesmas dari perwakilan wilayah kantor cabang BPJS, antara lain Puskesmas Borobudur, Puskesmas Ngablak, Puskesmas Banyuanyar, Puskesmas Kartasura, Puskesmas Ngawen 2, dan Puskesmas Umbulharjo 1. Vendor yang diundang adalah pengembang Simpus yang kebetulan dari Tim Simpus Jojok. Serta hadir juga tamu dari BPJS Divre 10 beserta Dinkes Bone Bolango yang melakukan studibanding tentang bridging di Divre 6.

peserta_evaluasi

Peserta yang mengikuti evaluasi

Tim Simpus sendiri sudah sangat menunggu pertemuan evaluasi ini. Sejak diaplikasikan tahun lalu, proses bridging yang berjalan bukanlah tanpa masalah. Dan hal-hal yang memang menjadi potensi masalah baik yang sudah berjalan maupun yang mungkin akan muncul ke depan, dapat dikomunikasikan dengan baik pada pertemuan ini. Bukan hal yang aneh, bahwa setelah pelaksanaan bridging, hampir setiap hari permasalahan dari puskesmas mengalir ke tim SImpus, dengan berbagai catatan yang sangat bervariatif, baik teknis maupun non teknis, baik bersumber dari Jcare atau dari webservice PCare sendiri.

review_pencapaian

pencapaian selama bridging sudah ada 126 id bridging ke bpjs

Selama ini, komunikasi sudah berlangsung melalui sarana media sosial. Grup Bridging PCare-Simpus di aplikasi Telegram, cukup aktif dan sangat membantu dalam konsultasi masalah yang ditemui. Akan tetapi pertemuan langsung semacam ini, masih sangat penting untuk mengurai masalah secara detail. Beberapa hal penting bisa kami catat dalam pertemuan yang berlangsung selama hampir 6 jam, ditambah obrolan-obrolan non formal di luar pertemuan. Hal-hal baru yang kami pandang patut menjadi catatan penting antara lain persiapan pengembangan bridging tahap berikutnya, dengan mengikuti perkembangan terbaru dari PCare. PCare sudah menambahkan beberapa fungsi baru, sehingga tentu ke depan webservice dari BPJS dan fungsi dari Simpus harus juga mengikuti perkembangan ini, misalnya tentang kegiatan luar gedung, kunjungan sehat, program promotif maupun preventif dari BPJS.

Yang patut mendapat perhatian, karena juga menjawab pertanyaan dari puskesmas masalah bridging, antara lain :
1. Masalah ConsId untuk memperoleh akses bridging bagi puskesmas yang siap
2. Masalah stabilitas server webservice BPJS.
3. Masalah verifikasi yang berbeda antara webservice dengan PCare
4. Masalah salah entry atau salah mapping yang mengakibatkan perbedaan data antara PCare-Jcare
5. Masalah kepesertaan offline, serta delay bridging untuk pasien non rujukan terutama untuk pasien luar gedung
6. Masalah rujuk balik

Sebagian besar masalah sudah bisa didapatkan solusi dan persiapan perbaikan. Proses berikutnya, tentunya update sistem, baik di sisi sana maupun sini. Pertemuan kemarin, memang memberikan hasil yang sangat memuaskan secara teknis dan non teknis. Komunikasi yang lebih baik memang masih dibutuhkan ke depan, baik antara puskesmas dengan Tim SImpus,Tim Simpus dengan Tim Teknis BPJS, maupun juga puskesmas dengan pihak BPJS sendiri, untuk lebih memberikan sistem yang lebih mapan lagi. Tentunya hal ini secara langsung akan juga sangat membantu puskesmas-puskesmas yang sudah melakukan proses bridging. Sistem yang lebih mapan, akan memberikan efisiensi manajemen data yang lebih baik untuk semua pihak.