Kunjungan Dewan Pengawas dan Komite Audit BPJS Kesehatan ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Puskesmas Gilingan

Foto bersama Dewan Pengawas BPJS, Kadivre VI BPJS dan tim, Kadinkes Kota Surakarta dan tim

Pada hari Jumat, 13 November 2015, tim Simpus diundang untuk ikut hadir mempresentasikan proses, hasil, dan kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan bridging Simpus dan PCare di hadapan Dewan Pengawas dan Komite Audit BPJS Kesehatan yang datang berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Pertemuan diawali dengan sambutan dan pengantar dari dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, yang dilanjutkan dengan sambutan dari dr. Maya A. Rusady, Kepala Divisi Regional VI Jateng DIY BPJS Kesehatan.

Foto bersama Dewan Pengawas BPJS, Kadivre VI BPJS dan tim, Kadinkes Kota Surakarta dan tim

Foto bersama Dewan Pengawas BPJS, Kadivre VI BPJS dan tim, Kadinkes Kota Surakarta dan tim

Beliau berdua menyampaikan beberapa hal, terutama terkait tantangan dalam pelayanan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), di antaranya: peningkatan kualitas koordinasi antara Divre VI dengan Dinkes Surakarta yang selama ini sudah cukup baik, rasio rujukan FKTP, kelengkapan layanan FKTP terkait 155 diagnosis non spesialistik, kualitas perekaman data medis, dan tentang bridging Simpus dan PCare.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan singkat dari Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Tata Sutarna, tentang maksud dan tujuan kunjungan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ke Dinas Kesehatan Surakarta. Satu per satu anggota rombongan diperkenalkan.

Setelah itu, Raharjo dari CV. Kinaryatama Raharja mempresentasikan tentang latar belakang, proses, hasil, kendala, dan saran dari penerapan bridging Simpus – PCare yang sudah diujicoba dan dijalankan. Jalannya presentasi diselingi pertanyaan-pertanyaan yang menarik dari anggota Dewan Pengawas, yang kemudian ditanggapi dengan baik oleh Raharjo. Rupanya bukan saja soal bridging yang menarik perhatian para anggota Dewan Pengawas, namun juga soal kelengkapan fitur Simpus dan penggunaannya di lapangan. Presentasi yang semula dirancang singkat dan padat menjadi lebih panjang dari seharusnya, mengikuti munculnya pertanyaan dan tanggapan.

Raharjo mempresentasikan proses implementasi bridging Simpus - PCare

Raharjo mempresentasikan proses implementasi bridging Simpus – PCare

Acara di Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang diadakan di lingkungan Balaikota Kota Surakarta tersebut diakhiri untuk dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Puskesmas Gilingan sebagai salah satu puskesmas yang telah menerapkan bridging Simpus dengan PCare.

Kunjungan ke Puskesmas Gilingan

Kunjungan ke Puskesmas Gilingan